Sabtu, 31 Maret 2012

Curug Benowo, Senandung Alam di Lereng Ungaran

Curug Benowo terletak di Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Curug dalam Bahasa Jawa berarti Air Terjun. Sayangnya, Eksotisme Curug Benowo ini cukup sulit untuk dicapai orang kebanyakan, karena tempatnya benar benar alami, jalannya setapak, naik turun, mungkin hanya direkomendasikan bagi para pecinta alam atau mereka yang suka tantangan, tidak untuk kebanyakan orang apalagi rekreasi keluarga. Dibalik capeknya medan menuju lokasi, akan terbayar oleh keindahan pesona alam Curug Benowo ini. Di dekat Curug Benowo ini juga terdapat curug lainnya, yaitu Curug Lawe yang tak kalah indahnya.
Bagaimana cara menuju ke Curug Benowo? Dari Alun Alun Ungaran ke arah Mapagan (Jalan ke arah Gunungpati), setelah menemukan gapura “Selamat Datang Kampus di Sekaran Gunungpati” maju lagi sekitar 1.700 meter, di sisi kanan jalan ada Makam Darul Mukminin Siplaosan Sumurgunung belok kiri, masuk ke Jalan Dukuh Sumur Gunung,tTerus saja sampai pada koordinat 7, 8′ 31.67LS 110, 21′ 36.82BT (google map coordinate: -7.14213, 110.36022).
Pada koordinat ini adalah posko, di mana kendaraan atau mobil diparkir untuk melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Dari posko ini, perjalanan harus ditempuh dengan jalan kaki selama kurang lebih 2 jam melalui jalan yang lumayan berat medannya. Namanya juga wisata alam, nuansanya benar benar alami, jalan yang minim namun pemandangan sekitar sangat luar biasa indah. Jika kesulitan bisa minta panduan penduduk setempat.